Fungsi dan Jenis Sistem Stater
System stater berfungsi sebagai penggerak mula agar mesin bisa bekerja.
Ada beberapa jenis stater, diantarannya :
a. Stater mekanik
Adalah stater yang digerakkan dengan tenaga manusia, contohnya, kick stater (stater kaki), slenger (stater untuk mesin diesel, dan beberapa type mobil lama)
b. Stater elektrik
Adalah stater yang sumber tenaganya berasal dari arus listrik. Stater jenis ini banyak digunakan pada mobil dan saat ini banyak diaplikasikan pada sepeda motor.
c. Stater Pneumatik
Adalah stater yang sumber tenagannya dari udara yang bertekanan. Banyak dipakai pada mesin-mesin kapal laut. Karena mesin kapal cukup besar, maka digunakan stater jenis ini.
Komponen Utama Sistem Stater Elektrik dan Fungsinya
Secara umum system stater elektrik memiliki beberapa komponen sebagai berikut :
1. Saklar stater : berfungsi mengalirkan arus listrik ke relay stater
2. Relay stater : berfungsi mengalirkan arus yang besar ke motor sater
3. Motor stater : berfungsi merubah tenaga listrik menjadi momen putar
4. Batteray : berfungsi sebagai sumber arus listrik.
Prinsip Kerja Motor Stater
Motor stater mengubah energi listrik menjadi energi mekanik (putar). Motor bias berputar mengikuti prinsip sebagai berikut :
Pada saat arus melewati konduktor (penghantar A) dan B yang berada antara kutub magnet, maka penghantar A dan B akan menerima gaya dorong berdasarkan garis gaya magnet yang timbul dengan arah seperti pada gambar di samping. Hubungan antar arah arus, arah garis gaya magnet dan arah gaya dorong pada penghantar merujuk pada aturan / kiadah tangan kiri Fleming.
Arah arus yang masuk kebalikan dengan arah yang keluar sehingga gaya dorong yang dihasilkan juga saling berlawanan. Oleh karena itu penghantar akan berputar saat arus tersebut mengalir. Untuk membuat penghantar tetap berputar maka digunakan komutator dan sikat (brush).
Komponen utama motor stater terdiri dari : armature coil, (kumparan jangkar), komutator, field coil (kumparan medan), dan sikat (brushes).
Berdasarkan kaidah tangan kiri Fleming diatas, prinsip kerja dari komponen – komponen utama motor stater adalah sebagai berikut :
Armature dan field coil dihubungkan dengan batteray secara serie melalui sikat – sikat dan komutatoe. Urutan aliran arusnya yaitu dari bateray, relay stater, fiel coil, sikat positif, komutator, armature, sikat negative, dan selanjutnya ke masa.
Pada saat arus listrik mengalir, pole core bersama sama field coil akan terbangkit medan magnet. Armature yang juga dialiri arus listrik akan timbul garis gaya magnet sesuai tanda putaran pada gambar di samping. Sesuai dengan kaidah tangan kiri fleming, armature coil sebelah kiri akan terdorong ke atas dan yang sebelah kanannya akan terdorong ke bawah. Dalam hal ini armature coil berfungsi sebagai kopel atau gaya punter, sehingga armature akan berputar. Jumlah kumparan di dalam armature coil banyak, sehingga gaya putar yang ditimbulkan armature coil bekerja saling susul menyusul. Akibatnya putaran armature akan menjadi teratur.
Komponen Motor Stater
1. Tutup Motor
Berfungsi sebagai rumah armature dan sebagai tempat magnet tetap (sebagai ganti kumparan medan, pada type motor stater sekarang kumparan mean digantikan dengan magnet permanent)
2. Armature
Berfungsi sebagai penghasil momen putar. Pada armature terdapat komutator yang berfungsi sebagai terminal kumparan armature.
3. Sikat
Berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke kumparan armature melalui komutator. Pada motor dibawah 125 cc biasannya sikatnya hanya ada 2, yaitu sikat positif dan sikat negative. Tetapi motor dengan cc lebih besar, biasannya memiliki 2 buah sikat posotif dan 2 buah sikat negative, contohnya pada sepeda motor Thunder 125.
4. Pemegang sikat
Berfungsi sebagai rumah sikat. Didalam pemegang sikat terdapat pegas. Berfungsi menekan sikat agar menempel dengan komutator.
5. Tutup Depan dan Belakang
Berfungsi sebagai rumah roda gigi reduksi.
6. Gasket
Sebagai perapat antara tutup bagian depan dan belakang
7. Roda Gigi Reduksi
Membuat perbandingan putaran antara output motor stater dan roda gigi pinion yang memutar poros engkol. Tujuannya agar didapatkan momen punter yang lebih besar.
Rangkaian dan Cara Kerja Sistem Stater
Gambar dia atas adalah rangkaian system stater sepeda motor Supra
Cara kerjannya adalah :
Pada saat kunci kontak on, saklar stater ditekan, arus mengalir :
BATTERAY POSITIF – SEKRING – KUNCI KONTAK – RELAY STATER – SAKLAT STATER – MASSA
Didalam relay stater terdapat kumparan, sehingga jika arus mengalir ke dalam kumparan relay stater, maka relay stater akan menjadi magner, dan plunyer pada relay stater akan menghubungkan terminal kabel besar dari positif batteray dan yang menuju motor stater, sehingga aliran arusnya menjadi :
BATTERAY POSITIF – TERMINAL RELAY STATER – MOTOR STATER – MASSA
Karena motor stater mendapatkan aliran arus, maka motor stater berputar, memutarkan mesin.
Rangkaian Sistem Stater Spin
Sep2..mantap infox drik.=D
Sama-sama…. ^_^
mas, bisa nggak saya minta skema/gambar cara membuat/mengubah kunci kontak sepada motor langsung bisa starter kaya mobil makasih sebelumnya.
Wah, saya juga masih nyari mas. Mau bikin ndiri tapi ga ada waktu. Eniwei, thanks for visitting ^_^
mas, kalau motor distarter electric tapi ngak nyala-nyala, kira-kira apanya yang harus dibedah, tapi kalau starter kaki ok.
Pertama cek busi, bersihkan dulu dari kerak. Kalo tetep ga bisa, cek kabel dari busi, ada listriknya ga. Kalo ga ada, coba cek CDI nya. Thx 4 visitting ^_^
spul jalan nya udah lemah masbro…tp karna spul jalan muahal…coba lo ganti aja pulsernya dulu yang aga murah….so 2 itu penyakitnya….elektrik star cwessssssss…..kik star cek brem…
muantep buuuuuuuuanget
thx ghan ^_^
mas kalo aki ga ada kan masih ada arus listrik dari mesin untuk nyalain lampu pas nyala mesin, nah klo arus listriknya ga mau apanya yg dibedah?
Coba kabel bodynya atau kirpok mas di bedah. Karena itu listrik berasal dari sepul, sedangkan kalo sepul mati mesin juga mati. Jadi, cek aja kabel ato kirpoknya. ^_^
Mas, thanks a lot atas infonya.
Btw mau nanya dikit nih, untuk ninja rr, starternya hanya bisa pake engkol,
Kalo dibuat jadi elektrik seperti 250r bisa ngak ya ?
Berhubung pergelangan kaki ku sedang terkilir jadi kalau mau engkol
Pake kaki kanan impossible n kalo kaki kiri ngak kuat.
Got any idea ?
Thanks a lot for you upcoming answer.
Best Regards,
Michael Tan
Wah, ane kagak tau kalo masalah motor-motor sport gitu. Ane juga newbie dalam hal motor neh. Maap ya…. ^_^
kalo yang trouble shootingnya gk di cantumkan?
kalau troubleshooting ga ada. hal itu bisa dilakukan dengan mudah bila kita mengetahui dengan benar sistem tersebut
q-ReeN AbiEeeZZZZ…..
makasih ghan ^_^
mas , bis nga mas tambah kan skema / gambar krn sy lg cari ni mas… OK..!@$!@
Wah, kalo gambar ama skema masih belum ada saya
bOz,kLau bza gmbrNya yg aSli n lbih rinci lgY…..!
trimkci…………
salam kenal
Mau naya neh,punya skema kbel bodi honda supra,
Dari sepul ke kprok,aki,cdi,coil dst..
wah, ga punya ane skemanya gan
sdah ada yg tau belum cara ngasih starter ELEKTRIK pada ninja RR HUB 081952547181
jadikan internet untuk mengimplementasikan ilmu kepada orang lain karena merupakan salah satu hal yang dapat memajukan kualitas anak bangsa
Thanks 4 the advice 🙂
mas saya kopi ya
Silahkan 🙂
numpang nanya gan, klo smua kbel uda kpasang tp double staterx kagak bsa gman yy
mungkin coba cek CDI nya gan
muhammadeghastreetpunk@ymail.com
mantap infonya
Terima kasih banyak bang.. sangat membantu kamii selaku mahasiswa..
kind regards..
Messakh Pasaribuu
sama-sama bos 🙂
mas kalau GAMABAR CDI TAMPILIN DONG ,ADA TUGAS NE
PLIS…..????
Kalau gambar CDI pada waktu itu saya belum punya, mungkin bisa di cari di google.
misi-misi mau copi ne
o:)
mas,q pnya keluhan pd motor starter q..aki normal tp motor starter gak maw nyala ,trus aq tes pd rellay x langsung aq sambung gt tp gak ada percikan listrik,tp timbul suara “teeeekk..teeeg”,ni bru terjadi 2 mingguan,,
Mungkin bisa di cek di sini mas
http://en.wikipedia.org/wiki/Starter_solenoid#Problems
misi gan numpang bertanya nih urgent 🙂
motor saya tidak dapat pakai elektrik stater.hanya bisa di engkol baru hidup motor.arus listrik hilang jika pakai elektrik stater.tp bandik bunyi tek tek tek dan dinamo stater berputar hanya tak ad api dr koil.kra2 ap ya?mohon pencerahannya mksh
hmmm masalah motor stater nih, kalo jenis stater yang jenis peneumatik selain di gunakan
di mesin2 kapal, bisa di gunakan mesin2 apa lagi yaaa
ghan mau tanya nih tau gak bdanya kelistrikan mobil dan speda motor tntang pengapian starter dan pengisian.
segera reply ya gan pnting.
ghan mau tanya nih tau gak bdanya kelistrikan mobil dan sepeda motor pada sistem pengapian starter dan pengisian. Segera reply ya gan pnting.
makasiiiiii,,yea udah berbagi
bang2 boleh si bagi diagram/skema/gambar /lukisan tentang wayering 4stroke honda c100
cara kerja spin nya mana ya mas…
Bagus nih infonya. Saya baru saja ganti sepul motor yang sudah melemah.
mksh infonya
maturnuwun infone
Misi Om..
Ane rencana mau beli LED cree outdoor 10watt x 2 menggantikan lampu utama 2x18watt, karena motor masih AC sementara cree yang ini harus ambil arus DC , ane mau hubungin langsung ke positif dan negatif aki dengan pasang saklar on/off.
kira kira lebih boros pemakaian aki yang mana ya antara menggunakan lampu utama bawaan motor dengan cree yang langsung dari aki ini, dengan catatan pemakaian waktu yang sama.
Terus apakah perlu pemakaian sekring di kabel cree, soalnya cree nya ga ada regulator di dalamnya.
Mohon pendapatanya, ya gan.
Thanks
Gue ada masalah gan, kunci kontak udah mati (off) tetapi mesin masih hidup seperti sedang distater. Tolong gan kasih solusi perbaikannya, thanks
Gan, motor thunder ane ada masalah nih…di sela motor ga nyala tp kl didorong motor langsung nyala….kebetulan juga aki motor dah soak….mohon pencerahaannya ya gan….
thanxs
mas, keistimewaan dari alternator menggunakan IC Regulator
Mas kenapa ya yamaha miosporty tahun 2012 saya sering mati/kalah di bendix starternya? Sbulan ganti sbulan ganti kira2 apanya ya
Bisa gak ninja rr pake elcetric starter? Apa alat n bahan n cara pasangnya.thankz.pertanyaan itu ua prnh ada tp blm ada jawaban yg pasti mengenai penjelasannya
Mas, saya numpang tanya nih N mohon pencerahannya. saya punya motor honda supra X 125. setiap saya ganti sekringnya selalu aja putus. jadi saya ngk bisa pakai elektrik stater, lampu hidup klakson hidup segan mati tak mau.Tu apanya kira” ya mas ?
Kamu harus check motor starter n kabelnya kemungkinan itu short body
Mas kalo stater nouvo cuma bunyi.serr..
Serr… kaya g nyantol pinion gear nya apanya y….. terus kadang bunyi cetak cetak saat stater otomatisnya di pijit… bingung nih saya?
Reblogged this on alclatifah and commented:
yeah ketemu. thanks
mas kalau kabel red/black pada cdi tak lepas trus saat kontak on,listrik normal cm mesin gg mau hidup itu knp….????
.bagaimana kerja dari cdi…? #supraX125
mas. dinamo stater motor saya muter. tapi mesin ga ada respon pengapian. sedangkan kalo pake engkol mesin nyala. knapa ya mas?mks