RSS

The Dark Knight Rises

05 Sep

Film yang di tunggu-tunggu sejak awal taun 2012. Film terakhir dari trilogi Batman versi Christopher Nolan yang menurut saya adalah seorang sutradara dan penulis yang jenius. Betapa tidak, filmnya terkenal akan twist story dan screenplay yang padat. Premiere di Indonesia juga bertepatan dengan dengan premiere tarawih. Tapi saya akhirnya milih premiere film ini. Kafir. Mungkin orang-orang tidak seperti saya mungkin, waktu pesen tiket kosong melompong. Waktu nonton juga pada sepi, waktu itu nonton di 21 Tunjungan Plaza. Kata mas Venomation, di studio lain itu penuh. Saya nonton ama sahabat saya yang juga penggemar film ini.

Di sini ada Tom Hardy yang berperan sebagai Bane dan muncul di scene pertama. Yup, dia seorang mastermind sama seperti Joker, sama sekali beda dengan image Bane sewaktu di Film Batman & Robin garapan Joel Schumacher yang menurut saya itu sampah, hanya bertabur bintang doang. Cuma kekurangannya, suara dai Bane ini kurang match sama image bengis. Mungkin susah ya liat ekspresi orang kalo make topeng. Tiap film tidak pernah ketinggalan memperhatikan setiap detail, karena ciri khas dari Nolan itu sendiri dan saya sudah tau itu dari film-film sebelumnya. Kalo saya perhatikan, rencana penjahatnya di sini bukan seperti Joker, yang mempunyai plan A, B, C,…Z namun seperti rentetan petasan. Sampai akhirnya kota berhasil di ambil alih dan national guard pun sampai tidak berkutik.

Di awal sebelum film ini di putar, ada tokoh John Blake yang di perankan Joseph Gordin Levitt. Bahkan nama ini tidak pernah muncul di komik batman, tapi sepertinya peran ini penting dan aktornya juga ga main-main. Dan ada tokoh Miranda Tate yang di perankan oleh Marion Cotillard pun tidak luput juga menjadi sorotan. Ada rumor kalau Miranda adalah Thalia al Ghul dan Blake itu Robin yang saya baca di forum penggemar film batman. Yup, seperti biasa, Nolan pun memberi kejutan di setiap filmnya, nanti anda akan tahu kalau sudah menonton filmnya. Yang agak ganjil di sini adalah tokoh Selina Kyle alias Catwoman yang di perankan oleh Anne Hathaway, miss cast kayaknya. Bener cantik sih, dan boleh di katakan semok (sewaktu adegan mengendarai batpod, yang di sorot dari belakang. Jujur saya lihat pantatnya, hehe) tapi kok kurang “nakal” dan “misterius”. Halle Berry dulu cocok di film catwoman, sayang ceritanya juga sampah. Scarlett Johanssen juga udah maen di Marvel. Entah apa yang di pikirkan Nolan, tapi sepertinya maksud dia tuh cocok banget untuk ending di film ini. Hmmm, I thought so.

Screenplay yang taktis, dan Hans Zimmer kembali menggarap music background di sini yang bikin bulu kuduk merinding. Emang sinting juga nih orang. Epic ending, sebuah kesimpulan yang dramatis dari sosok Bruce Wayne. Memang tidak mudah menjalani kehidupan seperti itu, sampai orang-orang terdekatnya menjadi korban, tapi sosok Alfred selalu menjadi penyeimbang dari itu semua. Mungkin orang skeptis bilang, “dia cuma kepala pembantu” tapi di sini yang saya lihat adalah seorang “ayah”. Michael Caine emang top kalo jadi supporting actor. Sebenarnya ada 1 adegan lucu di sini, yaitu saat enak-enak lagi ngomong si batman, lalu pada saat menoleh si catwoman udah ngilang. Lalu dia bilang “jadi seperti ini rasanya”, yap dia selalu berperilaku seperti itu terhadap orang lain saat menjadi batman, yang paling sering jadi korban tuh si Gordon. Anehnya, penonton di bioskop ga ada yang ketawa, cuma saya dan temen saya aja. Sepertinya guyonan ini hanya di mengerti oleh penggemar film ini aja ya.

Overall bagus nih ceritanya, cuma kalo di bandingin ketiga filmnya masih bagusan yang kedua, The Dark Knight. Ga ada yang bisa menggantikan Heath Ledger sebagai Joker. Namun kematiannya mewarnai premiere filmnya. Di film ini juga di warnai oleh tragedi penembakan di Colorado sewaktu premierenya. Emang sinting sih, ngakunya Joker tapi bodoh. Meski dia mahasiswa yang pinter. Ini bener-bener film terakhir trilogi batman versi Nolan. Begin – Fall – Rises. Namun project mendatang dia masih kerjasama lagi dengan Warner Bros menggarap reboot dari Superman yang berjudul “Man of Steel”. Tapi dia cuma jadi penulis naskahnya aja, sutradara di serahkan ke Zack Snyder. Music tetep di garap oleh Hans Zimmer dan ada si cantik Amy Adams berperan jadi Lois Lane. Yap, film yang patut di tunggu tahun depan.

 
Leave a comment

Posted by on September 5, 2012 in Movie Review

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: