RSS

Multi Level Marketing

04 Oct

Mungkin anda sudah pernah mendengar istilah ini di akhir-akhir waktu ini. Ini adalah semacam jenis usaha yang baru, atau di sekitar abad 21 ini. Jenis usaha yang baru pertama kali saya kenal sewaktu kelas 2 SMK. Seorang kakak kelas janjian dengan saya untuk ketemuan di rumahnya. Pertama dia bilang ini hal yang menarik dan bisa menambah uang jajan. Sewaktu datang ke rumahnya, di sana sudah ada 2 orang lain yang menunggu. Langsung di kasih tontonan di laptop, dengan semacam model slide show yang isinya tentang profil perusahaan obat-obatan dari cina. Yang paling menyita waktu di situ adalah tayangan tentang pendiri dan orang dengan jabatan paling tertinggi di indonesia, bonus apa yang bakalan di berikan, macam-macam tingkatan jabatan, dan berbagai macam testimoni dari beberapa orang yang sukses. Tayangan itu seperti menghipnotis saya, mengajak untuk bergabung. Keinginan itu semakin besar karena kepolosan saya, karena saya tidak tahu apa yang sedang terjadi di sana. Hanya di kasih tanyangan yang berisi mimpi dan angan-angan. Setelah di rayu dan dijelaskan ke sana ke mari, saya hanya bisa bilang “saya tanya ke ibu saya dulu”, karena uang untuk pendaftaran itu tidaklah sedikit. Setalah pulang, saya langsung di kasih khutbah dari ibu untuk tidak mengikuti acara semacam itu. Ternyata ibu saya pernah tertipu untuk mengikuti, di ajak oleh salah satu sudara ipar yang akhirnya tidak berujung manis. Malah uangnya hilang untuk registrasi, sayang…

Ternyata tidak sampai di situ saja, produk dari cina itu menggila di kemudian hari, sewaktu kelas 3, banyak temen-temen di sekolah dan beberapa guru pun mengikuti bisnis model seperti ini. Saya hanya bisa tersenyum waktu di tawari dan mengatakan tidak. Setelah lulus pun juga masih ada, ini kejadian beberapa hari sebelum ramadhan tahun ini, salah seorang sepupu menawari saya. Saya kira ini bisnis online seprti pada umumnya, ga taunya tetep aja sistem MLM dengan bagi komisi untuk perekrutan. Sebenarnya bagi komisi hasil perekrutan ini di larang oleh pemerintah (Permendag No 13 tahun 2006 Bab I Pasal 1 ayat 11). Tapi hal ini sulit di lacak karena bentuknya online dan tidak berbentuk PT, dan di UU ITE juga belum ada pasal yang mendukung Permendag tadi. Pertama saya bertanya dulu ke sepupu saya, ini produknya tentang apa, karena saya tidak mau ikut tanpa tau ini produknya apa, karena perdagangan itu adalah menjual barang dan jasa. Ternyata produknya tidak jelas atau bagi sebagian anda tidak menarik / sudah umum. Website yang saya maksud adalah www.prog5milyar.com. Karena di toko-toko buku sudah tersedia dan di google pun juga sudah berjibun. Sudah saya tolak dengan halus, karena merasa dia adalah anak dari tante yang sudah banyak berjasa bagi kelangsungan dan apapun yang bisa saya capai sekarang. Karena hutang budi inilah yang akhirnya bisa menjadi celah untuk masuknya sugesti menyesatkan tersebut. Saya berpedoman, saya harus tau dulu saya itu berjualan apa, usahanya seperti apa, atau target pemasaran yang akan saya tuju. Tapi, sepertinya usaha tadi belum memenuhi kriteria itu. Paksaan pun terus di luncurkan, sudah saya beritau kalau saya tidak mau ambil resiko itu, karena resikonya terlalu besar. Bahkan seorang broker saham pun tau jelas akan resiko dari sebuah investasi, sama seperti ini karena cara registrasinya adalah membeli produknya yang sebanyak 7 e-book yang senilai 180rb. Ada 2 pelajaran yang tidak baik saya dapat dari pengalaman saya ini, adalah :
1. Pelaku bisnis MLM tidak mau di bilang sales, seperti sebuah artikel di sini.
2. Para pelaku tidak bisa menghormati seseorang untuk berkata TIDAK. Selalu memaksa, dengan rayuan dan bujukan, angan-angan yang tinggi. Sangat tidak mengenakkan apabila mereka (pion MLM) di posisi sebaliknya (pemaksaan)

Sewaktu saya menulis ini, saya di invite oleh sarang seorang kakak kelas yang lain di facebook. Isinya event, tapi ternyata hanya penjelasan untuk membuka website www.jutawan-net.com yang ternyata sama seperti www.prog5milyar.com yang menawarkan membeli buku atau semacam itu. Sangat mirip…
Iseng-iseng saya baca, ternyata ada gambar yang membuat dagu saya seperti jatuh dan mata saya membuka seperti sebuah lampu neon 25 watt. Adalah gambar dari salah satu para testimoni, yang saya kenal foto itu sebagai salah seorang mantan petinggi di perusahaan tempat saya bekerja dulu. Dia juga adalah salah seorang mantan manajer regional di salah satu perusahaan operator terbesar di Indonesia. Yang lebih herannya lagi, adalah nama yang tercantum di sana, sama sekali bukan nama yang sesuai dengan foto itu. Mungkin beberapa dari anda dan teman sekantor dulu pasti tau dengan orang yang saya maksud. Inilah hasil tampilan yang saya capture.

Akhirnya saya benar-benar kokoh berada di pihak oposisi atau pihak yang kontra dengan adanya MLM ini yang semakin hari semakin NGAWUR dalam pelaksanaannya.

 
8 Comments

Posted by on October 4, 2011 in Tulisan

 

8 responses to “Multi Level Marketing

  1. sibair

    October 4, 2011 at 20:09

    ngguawur iki..

     
    • aldrik

      October 4, 2011 at 20:13

      Lha iya ber, mau ngetag ke mas zaki sungkan aku😀

       
  2. Bukik

    October 4, 2011 at 20:15

    Weleh…..masih saja ada bisnis kayak begini ya…….

     
    • aldrik

      October 4, 2011 at 20:17

      Masih ada, buktinya 2 jam yang lalu saya di invite di facebook😀

       
  3. Iema

    October 5, 2011 at 11:42

    ckckckckckck………………………

     
    • aldrik

      October 5, 2011 at 15:36

      parah…

       
  4. mistikman (alone)

    October 10, 2011 at 14:36

    ngeri gan… termasuk pencemaran nama baik iki hahahha

     
    • aldrik

      October 11, 2011 at 00:47

      Yo’i brader… Ngakak juga pas pertama liat ini

       

Leave a Reply

 
