RSS

Kado buat si empuss

12 Sep

Ide ini terpikir beberapa hari sebelum hari H. Sebenernya udah memikirkan bentuk kado yang akan di berikan buat si agen (sebelum akhirnya jadi empuss), cuma masih bingung masu kasih apa. Mau cari kado mahal, tapi percuma kalau maknanya ga ada. Mau cari kado murah, tapi ya masa untuk yang spesial mau yang murahan😀. Akhirnya 2 minggu sebelum hari H, ke inget ama ceritanya salah satu temenku, yang dia pernah cerita kalau temannya di kasih kado semacam scrapbook ama pacarnya. Isinya foto-foto, ttd dari beberapa sahabat beserta kartu-kartu ucapan yang di kemas secara kreatif, indah, dan bermakna. Yah, meski saya sendiri bukan orang gaul atau bisa di bilang orang yang pendiam. Jadi saya putar otak untuk memberikan kado serupa namun beda bentuknya. Akhirnya saya punya ide untuk membeli kado sebuah jilbab, karena saya kenalan ama dia di hari dia pertama memakai jilbab dan sebuah CD yang berisi video atau slide show. Waktu kurang 3 hari, akhirnya berangkat deh ke salah satu pusat perbelanjaan di sby, di tengah jalan saya sms sohib saya (cewek) agar menemani memilih model type jilbab, karena saya belum pernah ikut ke toko busana muslim. Ternyata sohib saya ini ga bisa karena udah ada janji, jadi saya hanya minta saran atas barang yang akan saya beli. Dengan berbekal saran tadi saya masuk ke bagian atas, bingung karena pilihannya sedikit dan insting saya tidak klop sama sekali dengan salah satu toko di sana. Sempet thawaf di sana sampe 3 kali, telapak kaki dan lutut sudah mulai terasa pegelnya, apalagi pada saat itu lagi puasa ramadhan, 1 lagi nilai perjuangan🙂. Saya dapet sms lagi dari sohib saya agar mencarinya di bawah, tapi saya agak ragu ke sana karena tempatnya panas (di atas pake AC) dan berdesakan (maklum badan saya sangat bongsor). Tapi ya udah deh daripada gempor dan batal puasanya, di sana pilihannya tambah banyak tapi akhirnya saya menjatuhkan pilihan di toko deket food court (busyet, puasa-puasa masih rame aja yang makan) yang meski tokonya sama saja dengan yang lain cuma pilihan warna yang banyak dan penjualnya kelihatan ramah (hal ini di perlukan agar penjualnya dapat kasih saran yang baik). Saya bertanya jilbab apa yang cocok untuk seorang dengan wajah yang sebenarnya agak persegi namun dengan pipi yang nyempluk, katanya yang cocok adalah jilbab persegi, bukan yang slobokan. Bingung lagi dah, buanyak pilihan warna dengan manik-manik yang cantik-cantik (tambah cantik kalau yang makai si agen, ehem2), ada model jilbab yang bagus dan saya suka, namun warnanya pink (agen anti pink) dan slobokan. Kata penjualnya, pilih warnya yang netral, jangan yang mencolok. Ya udah, akhirnya ada 3 pilihan salah satunya biru (warna favorit saya🙂 ). Sekitar 2 menit saya mikir di antara 3 pilihan itu, akhirnya jatuh ke warna hijau kecoklatan dengan manik-manik yang agak blink-blink (ternyata manik itu jadi trend setelah itu). Harganya standard dengan jilbab pada umumnya, cukup terjangkau. Ok deh, jam sudah menunjukkan pukul 13.30 dan saya langsung berangkat ngantor karena saya masuk sif II.

Keesokan harinya, saya ada ide untuk bikin slide show pake movie maker (software yang mudah bagi pemula) aja trus di burn di CD. Belum pernah sama sekali pake software itu dan juga belum ada bayangan seperti apa slide show itu (maklum saya bukan anak multimedia dan masih newbie di IT). Bahan foto udah siap, tinggal musik sebagai backgroundnya yang belum. Akhirnya saya pilih lagunya paramore – the only exception karena lagu ini adalah favoritnya pada masa awal jadian. Tapi durasinya yang jadi masalah dan kayaknya perlu di edit nih lagu. Untung ada software adobe audition sebagai audio editornya, udah terinstal di pc namun belum pernah saya pake nih software. Semua prosesnya saya lakukan dengan learning by doing. Saya hanya cut dari bridge sampai akhir lagunya, lalu instrumental setelah bridge tadi saya bikin efek volume fade out. Voilà, akhirnya lagu pun jadi tinggal masukin beberapa foto yang sebelumnya sudah saya sortir. Sudah di masukin semua, tapi kayaknya masih ada yang kurang. Ternyata foto-foto tadi kalau di sisipi teks kayaknya lebih bermakna (maklum sejak bikin pun konsep masih raba-raba). Ada yang berupa komentar dari foto sebelumnya dan openingnya pun saya memakai teks itu tadi dengan beberapa efek dan animasi yang berbeda. Yang paling susah itu ngedit timing pemunculan slide dengan irama dan nada lagunya, sampai saya mencicilnya 2 hari untuk proses ini. Tinggal penutup slide shownya, ini merupakan bagian paling penting. Karena slide show sepanjang apapun kalau closingnya ga bermakna maka nilainya jadi hancur. Sempet 2 pilihan, berupa teks simple atau video hand made. Sempet bikin videonya di kantor, tapi karena kameranya terbatas (pake kamera hape pribadi) dan saya merupakan aktor yang buruk di depan kamera maka video ini ga jadi saya pakai. Terpaksa pake teks sederhana yang saya agak modifikasi sedikit animasinya. Setelah jadi, tinggal di burn di CD yang sudah saya siapkan sebelumnya. Ada 2 bentuk output formatnya, avi (sekitar 720MB) atau wmv yang HQ (sekitar 25MB) namun saya memilih pilihan ke dua karena CD hanya muat 700MB dan PC nya si empus ga ada DVD ROM nya.

Saya lupa di H- berapa itu saya lagi ketemuan ama empus dan sempet dia minjem hape saya. Saya melarangnya karena di situ ada sms ama sohib saya yang masalah ini. Wah, bisa ga jadi surprise donk, padahal dia paling sensitif kalau aku melarangnya masalah ini, langsung manyun dah karena penasaran (maaf ya pus). Lalu di H-1 saya janjian dengan sohibnya tadi yang kebetulan cowoknya lagi maen ke rumahnya. Tanya-tanya masalah bungkus kado apa yang paling cocok buat ini, ada beberapa alternatif yang di tawarkan dia, cowoknya, dan adiknya. Tapi akhirnya saya mengikuti saran adiknya, untuk pergi ke toko khusus kado yang letaknya lumayan jauh dari rumah sohib saya. Sama, saya berangkat ke sana dengan ideologi bonek, konsep yang juga masih meraba tapi akhirnya ketemu kardus yang lumayan bagus dengan motif dan warna yang cerah.sekalian minta di tatain mbak penjaga toko itu untuk di bungkusin dan di kasih pita. Mbaknya memang mahir dalam hal ginian, tanpa saya komplain pun hasil wrappingnya bagus. Sempet bingung lagi, apa jilbabnya ga sekalian di kasih bros biar terkesan 1 paket gitu, namun hari sudah siang dan 2 benda tadi pun sudah di bungkus rapi. Akhirnya brangkat ngantor aja deh langsung. Dari sore ngerjain dia deh, saya bilang kalau saya sedang tertarik dengan salah satu temen kantor. Awalnya saya ga tau bakalan berhasil atau tidak karena ga pernah saya ngerjain orang waktu ultahnya dan sebelumnya saya juga sudah di kerjain ama empus saat di ultah saya. Waktu itu dia juga lagi nonton Harry Potter sekuel terakhir lagi ama temen-temennya, jadi makin bersemangat saya mengerjainya. Malamnya ternyata dia lagi galau, ga bisa tidur tengah malam. Akhirnya tepat pukul 12 pas (jam di hape saya sudah saya sync dengan waktu GMT+7, waktu global), saya mengucapkan selamat ulang tahun ke dia dan menyanyikan lagunya jamrud – selamat ulang tahun sekaligus meminta maaf. Keesokan siang saya datang memberikan kadonya dan selanjutnya tidak perlu saya ceritakan di sini karena berakhir dengan Happy Ending🙂

Itulah akhirnya saya menyadari kekuatan dari sebuah motivasi. Sebelumnya saya paling ogah ikut kuliah video, audio, atau image editing di mata kuliah saya. Namun, dalam waktu sekejap dan “sambil menyelam minum air” saya bisa membuat sebuah karya yang bisa di presentasikan di depan kelas (tentu saja hal itu tidak mungkin). Sebuah motivasi yang akhirnya membuat saya terdorong ke luar batas. Ada beberapa komentar penilaian yang sebagian besar berbentuk positif. Akhirnya karya saya membuahkan hasil yang baik, Alhamdulillah🙂

Oh ya, atas permintaan seorang teman yang ingin melihat hasil karya saya ini, saya upload ke youtube. Check It Out…

-I Love U, empuss- (04082011)

Wassalam

 
Leave a comment

Posted by on September 12, 2011 in Curhat

 

Leave a Reply

 
