RSS

Manusia itu tidak ada yang kreatif

17 Dec

Waktu itu ada kerjaan di daerah jemursari, Surabaya. rekan kerja yang barusan di rekrut, yah kebeteulan dia adik kelas sewaktu di SMK dulu. Seperti biasa mencari masjid paling dekat dengan tempet kerjaan, setelah ketemu langsung melaksanakan kegiatan ibadah jumatan seperti biasa. Sebelumnya ada yang unik saat wudhu, tempat wudhu sampe ke masjidnya hanya beralaskan batu-batu biasa, tapi sepertinya memang di buat khusus suci sehingga kita tidak najis sewaktu menginjaknya. Karena batu-batu itu bersih, tidak ada alas kaki.

Saat masuk, masih belum di mulai khotbahnya. Seperti biasa, ada laporan dari ta’mir masjidnya. Laporan keuangan, nama khotib, dsb. Saat pembacaan nama khotib, agak menarik juga karena nama khotibnya punya 3 gelar akademis yang lumayan bagus. Profesor, Doktor, Insinyur. Mantab jaya😀

Saat pertama khutbah, biasa-biasa saja sama seperti khotbah jumat biasa. Saya pun hampir tertidur karena malam sebelumnya saya begadang bikin tugas kuliah. Tapi, makin lama khotbahnya makin menarik. Topiknya seh biasa saja, tentang cara bersyukur. Namun, karena omongannya menarik, ga jadi tertidur deh😀. Beliau berkata, kalau manusia itu tidak ada yang kreatif. Kreatif itu hanya milik Allah swt. Kenapa bisa begitu, bukannya manusia bisa menciptakan teknologi, api, dsb. Namun kalo di telaah lebih lanjut, manusia itu hanya modifikatif, bukan kreatif. Kita ambil contoh pesawat terbang, meski kita bisa membuat pesawat itu terbang, tapi dari mana desain pesawat itu di buat? Dari mana bahan aluminium itu di buat? Semuanya bukan kita yang membuat, kita hanya mengambil lalu memodifikasinya.

Kita ambil contoh lagi, teknologi informasi (komputer dan semacamnya). Teknologi ini secara software memang kita yang membuat, tetapi apa jadinya kalo secara tidak ada hardware. Pasti hardware tersebut menggunakan besi, aluminium, timah, dan berbagai macam barang yang lainnya. Jadi bisa di simpulkan, kalau manusia tidak bisa menciptakan sesuatu tanpa harus mengambil barang lain.

1 contoh terakhir lagi. Teknologi nuklir, darimana nuklir itu di ambil? Tapi dengan nuklir, kita bisa mencipatakan berbagai macam benda dan betapa dahsyatnya energi potensial yang terkandung dalam nuklir tersebut. Ya, kita hanya modifikatif, bukan kreatif. Meski kita bisa membuat benda atau suatu teknologi baru, maka itu hanyalah inovatif.

Maka dari itu, khotib berpesan agar kita selalu bersyukur, karena kita tidak bisa menciptakan apapun kecuali dengan bantuan Allah swt. Kita adalah makhluk di bumi yang paling sempurna, dengan otak yang menakjubkan yang kita sendiri pun bahkan masih belum bisa membuat robot AI yang bisa menyamai intelegensi otak kita.

Setelah itu, beliau menyampaikan lagi tentang cara bersyukur yang lain. Yaitu tentang 2 orang sufi yang saling menceritakan bagaimana masyarakat di kota mereka bersyukur. Sufi 1 bilang, kalau tidak di kasih mereka “Alhamdulillah” tapi kalau di kasih mereka tetap “Alhamdulillah”. Lalu sufi 2 berkata, di kotanya kalau tidak di kasih mereka “Alhamdulillah”, tapi kalau tidak mereka akan “memberi”. Memberi di sini adalah bersedekah dsb. Yah, masuk akal juga…..

Dari sini ada 1 teori saya sendiri yang match dengan khotbah tadi. Yaitu ibarat rejeki itu aliran air di sungai. Ada yang deras, ada yang tenang. Ada sungai yang kecil, ada sungai yang besar. Semua punya bentuk sendiri-sendiri. Nah, kalau sungai itu kita bendung terlalu tinggi, maka apa yang akan terjadi? Air tersebut akan luber ke mana-mana dan mengakibatkan celaka bagi setiap penduduk di sekitar sungai. Itulah yang terjadi kalau kita terlalu kikir untuk berbagi terhadap sesama. Di sini tidak menganjurkan untuk boros atau yang lain, melainkan kalau kita tidak bendung air tadi, maka air akan lancar mengalir ke tujuannya dan tidak membawa bencana bagi warga di sekitar sungai itu.

Jadi, pertanyaan yang timbul adalah. Sudahkah kita bersyukur?

Special thanks to “agent” ^_^

Wassalam

-Aldrik Dwi Wicaksono-

 
1 Comment

Posted by on December 17, 2010 in Curhat, Tulisan

 

One response to “Manusia itu tidak ada yang kreatif

  1. manjousweet

    May 19, 2011 at 08:15

    Ayeeeeeeee ……..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: